Membangun Desa Inovatif Berbasis Desa Wisata

Glingseran- Mengacu pada konsep desa membangun yang terdapat dalam UU Desa No. 6 Tahun 2014, desa adalah subjek penting dalam pembangunan. bukan lagi menjadi objek pemerintah pusat. Oleh karena itulah peran desa menjadi otonom dalam merealisasikan pembangunan skala lokal desa.

Hal semacan inilah merupakan salah satu hal yang bisa dikembangkan Potensi lingkungannya yang dapat diangkat atau dimunculkan sebagai aset baru pertumbuhan wisata yang nantinya dapat berkembang menjadi sebuah desa wisata dan meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.
seperti yang dilakukan oleh pemerintahan Desa Glingseran, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso. dimana telah membangun objek desa wisata yang dikenal dengan Desa Wisata Dewi Rengganis, objek tersebut memang layak untuk di kembangkan karena melihat dari potensi keindahan alamnya memang cocok dan dapat dikemas secara kreatif dan inovatif dengan membuat konsep desa wisata. dimana menarik daya tarik wisatawan dari segi sosial, seni budaya di pedesaannya dan makanan khas lokal (one village one product).

Kepala Glingseran menjelaskan bahwa program ini mempengaruhi dampak positif untuk memajukan desa dan ini salah satu pemberdayaan masyarakat sehingga menjadi pelaku ekonomi kreatif sekaligus penunjang pemberantasan kemiskinan.

Sementara program tersebut berawal dari semangat dan pola pikir masyarakat dalam mewujudkan desa wisata. Tegas bpk kades. (Red) zubairi mahe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Skip to toolbar