Pagelaran Pawai Budaya Desa Glingseran di Kecamatan Wringin yang Menakjubkan

Pagelaran Pawai Budaya Desa Glingseran di Kecamatan Wringin yang Menakjubkan

Glingseran – Pemerintah kecamatan wringin menutup rangkaian acara peringatan hari kemerdekaan dengan lomba pawai budaya. Rute yang akan dilewati peserta pawai dimulai dari lapangan jatisari sampai finish di depan ponpes Nurussam dengan jarak kurang lebih 3,5 KM dari garis start. Pawai budaya kali ini dimeriahkan oleh tiga belas desa yang ada di kecamatan wringin dengan tema yang berbeda tiap desa.

Tidak mau kalah desa glingseran turut memeriahkan acara tersebut dengan mengusung tema kerajaan yang menceritakan kisah antara dewi rengganis dengan raja brawijaya. Menurut sejarah, dewi rengganis merupakan putri dari raja brawijaya yang belum memiliki pasangan hidup. Sehari-hari menghabiskan waktu di sumber mata air. Hingga saat ini, sumber mata air tersebut masih ada dan dikenang sebagai sumber mata air rengganis yang diyakini jika membasuh wajah dengan air tersebut maka yang tua akan terlihat muda dan yang muda akan awet muda. Mata air rengganis tersebut sekarang telah menjadi salah satu ikon dari desa wisata rengganis.
Nampak pak sulaedi selaku kepala desa glingseran memerankan raja brawijaya, sedangkan istri beliau memerankan dewi rengganis.

Pemerintah kecamatan wringin berharap dengan diadakannya kegiatan pawai budaya ini, warga indonesia khususnya masyarakat kecamatan wringin tetap menjaga tradisi budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang. Selain itu, kegiatan ini merupakan wujud penghargaan kepada pahlawan yang telah gugur bersusah payah merebut kemerdekaan dari penjajah. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Jayalah Indonesia!!. (red) PPIDesa Glingseran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Skip to toolbar