Pesona Dewi Rengganis

Pesona Dewi Rengganis

Bondowso – Desa Glingseran merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Potensi wisata alam yang ada di Desa Glingseran sangat luar biasa dan memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Desa Glingseran memiliki tiga wisata alam air terjun yang masih alami ,salah satu dari wisata alam air terjun tersebut bernama air terjun Sulaiman. Di destinasi wisata air terjun ini, selain lokasi wisata alam yang masih alami, lokasi wisata ini juga menyimpan beragam pesona alam dan kearifan lokal dari warga di sekitar lokasi.

Selama perjalan menuju lokasi air terjun sulaiman pengunjung akan dimanjakan oleh pesona alam yang luar biasa. Pengunjung harus berjalan kaki untuk menuju lokasi air terjun kurang lebih 500 meter dari tempat parkir kendaraan. Pemandangan persawahan yang asri dan udara yang sejuk menjadi suasana khas pedesaan saat menuju lokasi air terjun. Di seperempat perjalan menuju lokasi air terjun terdapat sebuah taman yang konon merupakan tempat persinggahan Dewi Rengganis.

Taman Dewi Rengganis dikelilingi areal persawahan dan pepohonan yang tinggi menjulang. Berbagai spot foto dan permainan terdapat di dalam taman Dewi Rengganis seperti kolam lumpur, flying fox, jembatan persahabatan dan mata air yang digunakan untuk mandi Dewi Rengganis, jika pengunjung lelah dan ingin beristirahat diarea wisata taman Dewi Rengganis juga terdapat gazebo untuk pengunjung.

Jarak tempuh untuk menuju ke lokasi air terjun Sulaiman dari taman Dewi Rengganis berjarak kurang lebih 100 meter dengan berjalan kaki. Sesampainya di lokasi air terjun Sulaiman, pengunjung akan disuguhi panorama alam yang menawan. Derasnya aliran air terjun yang menghantam bebatuan yang besar, membuat air terpecah bak kilauan cahaya. Jembatan-jembatan dari kayu dan pohon-pohon kelapa yang tinggi menjulang, menambah eksotis lokasi air terjun tersebut.

Hingga saat ini taman Dewi Rengganis dan air terjun Sulaiman di kelola oleh POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) di Desa Glingseran. Untuk menikmati pesona alam taman Dewi Rengganis dan air terjun Sulaiman, pengunjung harus membeli tiket masuk sebesar Rp. 2.000 yang sudah termasuk parkir kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Skip to toolbar