Tali Persaudaraan yang Tidak Pernah Putus, Melalui Tahlilan

Tali Persaudaraan yang Tidak Pernah Putus, Melalui Tahlilan

Glingseran – Sebuah kegiatan yang menjadikan suatu nilai yang baik, dimana rasa kekeluargaan yang kuat antar tetangga desa disana sangat terlihat.Dijaman modern ini mereka tidak terpengaruh dengan tidak melupakan tradisi tahlilan yang berada di daerah tersebut.

Acara tersebut selalu dilakukan setiap kamis malam di dusun tersebut. Konsep yang menarik dimana kegiatan tersebut menerapkan sistem anjang sana. Yang dimana konsep ini telah melekat di masyarakat, dimana kegiatanya berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dari salah satu rumah warga ke rumah warga lainya. Tetapi tiap malam jum’at legi kegiatan di lakukan di masjid barat sawah.

Rasa kental yang terjalin di dalam kekeluargaan ini sangat terasa, dimana mereka saling berdiskusi satu sama lain setelah kegiatan selesai. Keramahan dan senyum masyarakat saat menerima tamu baru membuat rasa yang nyaman serta aman , bahkan masyarakat sangat senang ketika kegiatanya diramaikan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dari Universitas Negeri Jember.

Hanya secangkir kopi atau teh dapat membuat diskusi menjadi lebih aktif. Di dalam diskusi tersebut, masyarakat membahas keadaan satu sama lain yang bertujuan untuk mengetahui keadaan satu sama lainya. Memang hanya secangkir kopi atau teh tidak seberapa, melainkan yang dibutuhkan adalah kumpulnya masyarakat untuk bertemu secara rutin di sela-sela kesibukan masyrakatnya.

Skip to toolbar