Pencapaian Pengelolaan DD Termin 1, 20% Dipaparkan di Hadapan Tim Kecamatan oleh Kades Glingseran

Kepala Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso Drs. R. Moh Shadik, M. si dalam pembukaan acara pemaparan capaian pendapatan desa tahun 2019 yang dilakukan oleh pihaknya terhadap semua desa yang ada di wilayahnya. Hal tersebut dilakukan agar pengelolaan anggaran dana desa dan alokasi dana desa tepat sasaran dan transparan tidak ada kesalahan dalam pelaporannya. Camat Wringin berharap agar pembangunan di setiap desa di wilayahnya berjalan sesuai aturan yang berlaku dan tidak menui permasalahan. Pemaparan Hari ini Senin 06/05/2019 di lakukan di empat desa yaitu jam pertama Desa Banyuputih, jam kedua Desa Ampelan, jam ketiga Desa Banyuwulu dan yang terahir sekaligus penutup kegiatan pemaparan tersebut di Desa Glingseran.

Sebelum melakukan pemaparan tentang capian penggunaaan DD/ADD Kepala Desa Glingseran SULAEDI Menyampaikan permintaan maaf kepada semua tim kecamatan karna Desa Glingseran yang semula di jadwalkan hari pertama terbentur ada kegiatan yang tidak bisa diwakilkan. Pada ahirnya mengambil jadwal di hari terahir dan jam terahir juga “tidak mengurangi rasa hormat kami pemdes Glingseran minta maaf karna tidak sesuai dengan jadwal yang di tentukan oleh tim kecamatan karna ada kegiatan yang tidak bisa di wakilkan di kabupaten Bondowoso, bukan faktor di sengaja”.

Tandasnya lebih lanjut sulaedi menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat membantu Pemerintah Desa untuk melaksanakan kegiatan pengelolaan keuangan desa sesuai dengan aturan dan sesuai dengan RKPdes. Kami atas nama pemerintah desa ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Camat Wringin dan tim kecamatan juga pendamping Desa, juga Bapak Rifki selaku pendamping desa kami dari kompak australian yang mana dari tim kecamatan telah banyak memberi banyak catatan terkait dengan yang di paparkan oleh tim Desa, kami merasa senang dan tidak terbebani dengan adanya catatan dari tim kecamatan agar kami nantinya bisa melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan ektra hati-hati.

Disisi lain, koordinator Pendamping Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bondowoso, Andiono Putra, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang sudah dilaksakan di Kecamatan Wringin, khususnya Desa Glingseran. Menurutnya, evaluasi pelaksanaan DD/ADD yang sudah berjalan dengan baik di Kecamatan Wringin layak menjadi percontohan bagi desa dan kecamatan lainnya.

Sebab, lanjut Andiono, di Kecamatan Wringin bukan hanya evaluasi yang di kedepankan tapi juga upaya mengantisipasi masalah dan temuan di lapangan juga dilakukan. Misalnya, dengan giat Sekolah Desa yang digalakkan.

Dalam kegiatan ini, pihak kecamatan juga membina secara langsung tim pelaksana kegiatan serta BPD yg bertindak selaku pengawas di desanya. Hal ini, kata Andiono, sudah menunjukkan bahwa segala bentuk kegiatan berlandaskan pada kepentingan warga dan bisa diketahui langsung oleh masyarakat desa.

“Evaluasi itu penting. Tapi lebih penting lagi adalah mengantisipasi masalah atau hal-hal yang tidak diinginkan bersama. Dengan adanya Sekolah Desa yang difasilitasi Kecamatan bersama Pendamping Desa, serta melibatkan sejumlah elemen masyarakat dan perangkat desa, ikhtiar meminimalisir masalah sudah berhasil dilakukan di Kecamatan Wringin”, pungkas Andiono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Skip to toolbar