Pastikan Pengunaan DD/ADD Sesuai Peruntukan, Kejari dan Inspektorat Jaga Desa di Kecamatan Wringin dan Taman Krocok

Bondowoso, Kejaksaan Tinggi Negeri (Kejari) Bondowoso, Jawa Timur, turun ke desa untuk memastikan pengunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD/ADD) sesuai peruntukannya.

Giat yang dikemas dalam sosialisasi Jaga Desa sekaligus monitoring dan berkas administrasi DS/ADD ini dilaksanakan, Selasa (17/12/2019) bertempat di Aula Pendopo Kecamatan Wringin yang diikuti Kepala Desa dan Perangkatnya dari dua wilayah Kecamatan yakni Kecamatan Wringin dan Taman Krocok.

Monitoring serta sosialisasi tersebut dilakukan oleh Kajari yang juga didampingi Inspektorat ini sebagai bentuk pembinaan dan sinergitas bagi desa, terkait laporan pertanggungjawaban DD/ADD 2019.

Kajari Bondowoso yang di wakili kasi intel SUCIPTO, SH. MH mengatakan, Jaga Desa ini merupakan amanah dari Presiden untuk memberikan pembinaan terhadap desa-desa agar mengelola DD benar-benar dilakukan dengan baik dan sesuai perencanaannya.

“Kedatangan kami tidak perlu ditakutkan, kami hanya melakukan sosialisasi dan sekaligus monitoring berkas DD /ADD,” jelasnya.

Hal itu kata dia, untuk memastikan apakah DD/ADD sudah sesuai dengan peruntukannya atau tidak. Maka apabila ada temuan akan diberikan waktu untuk memperbaiki berkas tersebut, dengan membuat surat pernyataan.

Dia terus mendorong Kepala Desa agar tertib administrasi dalam mengelola anggaran. Monitoring dan sosialisasi seperti ini diharapkan DD/ ADD digunakan sesuai dengan tupoksinya .

“Di mana anggaran desa dipegang oleh bendahara desa dan dikelola oleh tim pelaksana kegiatan yang ada di Desa,” tegasnya.

Dijelaskannya, bahwa Kades tidak boleh memegang anggaran desa, semuanya harus bendahara yang pegang. Sementara Kades cukup menjadi penanggungjawab kegiatan yang ada di desa, agar tertib administrasi dan semua perangkat desa harus berfungsi sesuai dengan tugasnya.

Dia meminta Kades untuk menyelesaikan kewajibannya, agar membuat surat pernyataan, untuk menyelesaikan kesalahan berkas dan melengkapi apa yang kurang selambat-lambatnya dua minggu dari waktu monitoring.

“Ispektorat dan Kejaksaan juga akan memberi pemahaman terkait regulasi yang mengatur setiap tahapan penyaluran DD/ADD , mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan,”imbuhnya.

Sehingga kedepan kata Dia, pembangunan Desa sesuai APBDes dan sesuai kaidah hukum yang berlaku.

Diakui pihaknya banyak menemukan penggunaan DD yang tidak tepat sasaran dan penyalahgunaannya. Kendati demikian, dengan adanya program Jaga Desa ini pihaknya sangat berharap pemerintahan desa tidak akan mengulangi lagi kesalahan serupa.

Ditempat yang sama Sulaedi kepala Desa Glingseran selaku pengguna anggaran Program DD /ADD menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Jaga Desa tersebut.

Dikatakan bahwa dengan kegiatan ini pihaknya tidak was – was lagi dalam melaksanakan kegiatan program DD/ ADD.

“Sangat berterimakasih sekali kepada pemerintah ,dengan sosialisasi dan monitoring ini kami memiliki tambahan pemahaman, sehingga tidak was-was lagi dalam megoprasionalkan DD/ ADD,” tukasnya.

Terpisah, Camat Wringin Suhaji selaku Pembina dan Pengawas Program DD/ ADD di kecamatan setempat menyampaikan, pihaknya akan melakukan pengawasan karena pihaknya tidak ingin Kades berurusan dengan hukum.

“Kita ingin pembangunan desa sesuai perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu kita perlu pendamping, perlu pengawal. Pemerintah Desa kalau tidak didampingi, tidak dikawal, ini nanti jadi bisa berurusan dengan Aparat Penegak Hukum (APH) maka dari itu Kedatangan Tim Kejaksaan Negeri Bondowoso dan Inspektorat akan memberikan dampak positif terhadap Pemerintahan Desa dalam mengelola program DD dan ADD,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Skip to toolbar