Nenek Pengrajin Kasur Kapuk

Nenek Pengrajin Kasur Kapuk

jk

Glingseran- seorang nenek yang bernama Alama 65 tahun, yang terletak di Dusun Karang Utara, RT 7 Desa Glingseran, Kecamatan Wringin,Kabupaten Bondowoso, menyebut satu-satunya pembuat kasur kapuk di wilyah tersebut.

Mengingat pekerjaan yang langka ini, para jurnalis warga Glingseran  pada tanggal 23 Oktober 2016 lusa, yang sudah  mengikuti pelatihan jurnalisme warga tertarik mengangkat potensi sang nenek ini.

Tim jurnalis Desa Glingseran menjumpai dirumah kediaman sekaligus tempat kerjanya,dalam bincang-bincangnya, pada hari Kamis 27/10/2016.Buk Alama bercerita bahwasanya kerajianan kasur kapuk yang paling iya tekuni,karena kerajianan kasur nilai pendapatannya sangat menggiurkan hasilnya, di samping itu bahan dasar pembuatan kasur sangat mudah di peroleh dan bisa memberikan manfaat bagi warga sekitar rumah Buk Alama. Salah satunya bisa mempekerjakan warga sekitar seperti tukang panjat pohon kapuk yang sudah dibeli dari warga sekitar, dan ada tukang kupas kulit kapuk serta memilah biji kapuk.

Kemashuran  kerajianan kasur yang dibuat oleh Buk Alama nampaknya sudah nyaring terdengar di lingkungan daerah yang lain, bahkan sudah banyak orderan yang diterima oleh Buk Alama, mulai dari harga 250.000 sampai 1000.000 dengan ukuran standart bahkan lebih sesuai dengan model dan ukurannya.

Seiring dengan berjalannya waktu iya tepaki jenjang kesuksesannya mulai dari tahun 1970 sampai saat ini, sudah sangat menunjang perekonomian keluarganya dan warga sekitar yang dipekerjakan olehnya.

Penulis: Tim Jurnalis Warga

 

 

1 Comment

  1. Reply

    Perjuangan untuk bertahan hidup, semangat yang tak kunjung padam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Skip to toolbar