Persawahan Desa Glingseran Terendam Banjir, Petani Mengalami Kerugian

Persawahan Desa Glingseran Terendam Banjir, Petani Mengalami Kerugian

IMG_20170116_171514Glingseran– Desa Glingseran, senin,16 Januari2017, Hujan yang melanda desa Glingseran tak kunjung berhenti dihampir  seluruh Kecamatan Wringin. Akibatnya, hujan tersebut menyebabkan naiknya intensitas luapan air sungai yang mengakibatkan tidak mencukupinya daya tampung sungai, membuat air sungai meluap ke persawahan yang berada di dekat sungai. Sore itu, banjir datang dari arah selatan turun secara tiba-tiba dan menyebabkan banjir bandang yang membuat sungai di Daerah Glingseran meluap hingga ketinggian sekitar ± 70 cm, sehingga beberapa sawah yang di dekat sungai tersebut tergenang.

Bagi warga sekitar, banjir tersebut menjadi hal yang sudah biasa disetiap musim penghujan, khususnya bagi para petani yang memiliki ladang sawah di area yang berada disekitar sungai. Sebelumnya banjir juga pernah melanda para petani yang memiliki sawah di sekitaran sungai tersebut. Pasalnya, terdapat sebuah tiang  yang di garisi warna kuning, merupakan penanda banjir sebelumnya yang mencapai  ketinggian sekitar 3 meter pada tahun 2014.

Menurut Pak Aris (warga Glingseran), pada bulan November banjir bandang juga pernah melanda desa Glingseran namun tidak setinggi di tahun 2014. Pada bulan November kemarin, ketinggian banjir mencapai sekitar ± 100 cm.  Hal ini mengakibatkan kerugian hasil panen para petani yang ada disekitaran aliran sungai menjadi gagal panen, mencakup kerugian sekitar  puluhan juta rupiah.

Sebelumnya pihak kepala desa dan pemerintah telah bekerjasama untuk memberikan bantuan pembangunan pondasi pinggiran sawah yang berada disekitaran aliran sungai desa Glingseran, namun hal ini hanya disetujui oleh beberapa pemilik sawah sehingga pemondasian sawah tidak bisa dilakukan secara menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Skip to toolbar